_

_

Selasa, 12 Januari 2016

Sistem Informasi

Menurut Joos, dkk (2009) sistem informasi adalah suatu sistem yang memiliki tujuan sendiri untuk menghasilkan informasi dengan menggunakan sistem input atau proses atau output. Menurut Kusrini & Kaniyo (2007), sistem informasi adalah sebuah sistem yang terdiri atas rangkaian sub-sistem informasi terhadap pengolahan data untuk menghasilkan informasi berguna dalam pengambilan keputusan. Sehingga dapat disimpulkan sistem informasi adalah sebuah sistem yang terdiri atas rangkaian sub-sistem informasi yang memiliki tujuan sendiri untuk menghasilkan informasi guna mengambil sebuah keputusan atau kesimpulan.

a.    Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi manajemen adalah seluruh rangkaian aktivitas kerja sistem informasi yang membentuk satu kesatuan sistem dengan tujuan yang sama melalui proses penyimpanan, pengumpulan, pengolahan, sampai akhirnya mengasilkan informasi yang berguna bagi anggota organisasi, (Machmud, 2013).

b.   Sistem Informasi Geografis
Sistem informasi geografis merupakan suatu sistem informasi yang berbasis komputer, dirancang untuk bekerja dengan menggunakan data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan) sistem ini meng-capture, mengecek, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisa, dan menampilkan data secara spasial mereferensikan kepada kondisi bumi (Aini, 2007).

Sumber:

Aini, Anisah. (2007). Sistem informasi geografis pengertian dan aplikasinya. Yogyakarta: STMIK AMIKOM
Joss, I. (2009). Belajar Cepat Komputer. Jakarta: Yudhistira.
Kusrini & Koniyo, A. (2007). Tuntutan Praktis Membangun Sistem Informasi Akutansi dengan Visual Basic &Microsoft SQL Server. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Machmud, Rizan. (2013). Peranan penerapan sistem informasi manajemen terhadap efektivitas kerja pegawai lembaga pemasyarakatan narkotika. Jurnal Fakultas Ekonomi dan bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Vol. 9. No. 3

Tidak ada komentar: